Tuesday, January 17, 2012

Kronologi Kandasnya Costa Concordia (+pict)




Costa Concordia adalah kapal terbesar dan paling mewah dari keluarga Cruises Costa. Kapal ini adalah simbol dari perusahaan pelayaran terbesar Eropa. Costa Concordia merupakan kapal yang benar-benar menakjubkan dengan panjang 290 meter dan lebar 36 meter . Kapal pesiar ini memiliki 114.500 tonase kotor dan kapasitas untuk 3.700 penumpang dan 1.100 anggota kru.

Kapal pesiar super mewah Costa Concordia tenggelam di perairan dekat Pulau Giglio, Jumat malam, 13 Januari 2012. Kapal itu membawa sekitar 3.200 penumpang dan 1.000 awak kapal. Lima orang dilaporkan tewas dalam peristiwa yang mengingatkan pada tenggelamnya kapal pesiar mewah Titanic pada 15 April 1912. Berikut kronologi tenggelamnya kapal.

Sekitar pukul 19.00 waktu Eropa Tengah, Jumat, 13 Januari 2012...
Kapal pesiar Costa Concordia mulai meninggalkan pelabuhan Civitavecchia dekat Roma, Italia. Kapal yang dinakhodai Kapten Francesco Schettino itu akan melakukan perjalanan selama tujuh hari.

Tiga jam setelah angkat sauh, pukul 22.00...
Lambung kapal menabrak batu karang di lepas Pantai Isola, Pulau Giglio. Penumpang yang kala itu sedang menanti makan malam tiba-tiba mendengar suara gemuruh. Gelas anggur, piring berisi cumi, dan perangkat makan dari perak mulai berjatuhan dari meja. Lampu mendadak mati, gelap mencekam.

Pukul 22.30, alarm pertama mulai berbunyi...
Seorang awak Costa Concordia memberi pengumuman. Tapi bukan pemberitahuan jika kapal karam, melainkan telah terjadi masalah listrik dan petugas sedang berusaha memperbaikinya. Pada saat bersamaan, Schettino mencoba membelokkan kapal ke arah pelabuhan. Nahas, air yang masuk ke lambung kapal lebih deras dari perkiraannya. Padahal, penumpang belum sempat dievakuasi.

Lima belas menit berlalu…
Kapal tetap gelap gulita dan semakin miring. Penumpang pun semakin panik karena awak kapal mulai memberi instruksi dalam bahasa Italia. Beberapa orang mulai merangkak di lorong untuk keluar menuju dek. Sekitar seratus penumpang mencoba menyelamatkan diri dengan terjun ke laut. Mereka berenang ke pantai. Lainnya harus menanti selama dua jam untuk diturunkan dengan sekoci. Sesampainya di pantai, warga sekitar langsung memberi bantuan berupa selimut dan minuman panas. Sedangkan polisi curiga Schettino telah meninggalkan kapal sebelum semua penumpang berhasil dievakuasi.

Sabtu pagi...
Penjaga pantai mengecek kondisi Costa Concordia. Lubang sebesar 50 meter terlihat menganga di sisi kapal. Mereka juga menemukan kotak hitam atau black box dari rekaman navigasi.

Sepanjang Sabtu…
Tim penyelamat mencari korban di reruntuhan kapal. Saat hari telah berganti malam, sepasang pemuda asal Korea Selatan yang sedang berbulan madu ditemukan terjebak dalam kabin. Keduanya diselamatkan petugas pemadam kebakaran yang mendengar teriakan mereka.

Hari Minggu, 15 Januari…
Usaha pencarian korban kapal karam itu tetap dilakukan. Polisi penyelam dan kru penyelamat terus mengitari kapal. Hasilnya, dua jasad penumpang lanjut usia ditemukan di ruang makan Costa Concordia. Dengan penemuan itu, jumlah korban tewas menjadi lima orang. Sedangkan 15 lainnya masih hilang.























Videonya
V
V
V





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks