Monday, June 11, 2012

Waspadai Aplikasi ‘Facebook Account Verification’ – Scam!


Beberapa saat terakhir, pesan yang berupa scam (penipuan) kembali beredar di mega social network: Facebook. Pesan klise tersebut mengatakan setiap user harus mem-verifikasi akunnya sebelum 15 Juni 2012, jika tidak akun Anda akan ditutup.
Pesan scam di Facebook yang ditampilkan adalah sebagai berikut:
Warming : Announcement from Facebook Verification Team: All Profiles must be verified before 15th June 2012 to avoid Scams under SOPA and PIPA Act. The unverified accounts will be terminated. Verify your Account by steps below.
Dan ketika Anda membuka link atau notifikasi tersebut, Anda akan dibawa ke halaman aplikasi Facebook dengan tampilan awal seperti gambar di bawah ini:


Scam tersebut beredar dalam bentuk aplikasi dan semakin meluas saat orang yang percaya dengan aplikasi tersebut menyebarkannya pada teman-teman yang lain. Motif scam verifikasi akun Facebook palsu seperti ini sebenarnya bisa dikatakan basi, namun masih saja sering muncul dengan jenis dan pesan yang baru.


Hanya dengan melihat penulisan WARMING –yang seharusnya adalah WARNING–, maka bisa dipastikan bahwa aplikasi ini adalah SCAM/PALSU. Tampilannya pun sangat konyol dengan tambahan widget statistik di bagian bawah halamannya.
Ketika Anda menekan tombol ‘Verify My Account Now!’, akan muncul jendela baru dengan tampilan seperti berikut:


Kemudian, Anda diharuskan untuk login akun Facebook pada tombol yang telah disediakan. Tetapi setelah Anda menekan tombol tersebut, maka secara langsung scam ini akan memberikan pengumuman untuk klaim US$ 1 juta koin dan menyebarkan berita tersebut ke seluruh teman Facebook Anda.

Pada gambar di atas, user diminta untuk melakukan log in dengan cara memasukkan USERNAME dan PASSWORD pada aplikasi di atas. Don’t do it! Karena itu adalah scam yang kemungkinan akan merekam data log in Anda. Dan Facebook sepertinya tidak perlu menggunakan sebuah aplikasi untuk melakukan verfikasi dan menyebarkan informasi seperti ini.

Cara Melakukan Verifikasi Akun Facebook

Untuk melakukan verifikasi akun Facebook bisa Anda lakukan dengan mudah di pengaturan/setting profil Anda. Namun biasanya saat pertama membuat akun, kita harus melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan Facebook. So, sebagian besar Anda pengguna Facebook saat ini tentu sudah terverifikasi.
Langkah melakukan verifikasi akun yang benar di Facebook adalah sebagai berikut:
  • Pada saat Anda membuat akun Facebook, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telpon seluler Anda, diawali dengan kode negara. Misalnya untuk Indonesia adalah: 62, sehingga formatnya menjadi 62852********.
  • Setelah itu, Anda akan menerima SMS berupa kode konfirmasi. Masukkan kode konfirmasi tersebut, maka akun Anda sudah terverifikasi. Sesederhana itu.
  • Anda juga dapat menambahkan nomor ponsel Anda dan melakukan verifikasi melalui Account Settings –> Mobile. Sebagai catatan, Anda hanya dapat menggunakan satu nomor telpon untuk satu kali verifikasi akun di Facebook.
  •  
cara verifikasi akun facebook

Lebih jelasnya mengenai verifikasi akun Facebook bisa Anda temukan di sini: Verifying Your Account – Facebook Help Center
So, jika Anda mendapat jenis pesan ataupun aplikasi seperti di atas, jangan dihiraukan dan beritahu teman yang mengirimkan invitation tersebut kepada Anda bahwa pesan tersebut adalah SCAM.
Jika Anda telah terlanjur memasukkan data login pada aplikasi tersebut, maka segera ganti password Anda.
Share tulisan ini pada teman Anda, sehingga tidak ada lagi yang tertipu dengan verifikasi akun Facebook palsu seperti di atas. Semoga bermanfaat!


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks