Wednesday, November 6, 2013

(Foto) Aneh, Banyak Bangkai Kapal Besar Bertebaran Di Gurun Ini

Laut Aral yang terletak diantara 2 negara eks Uni Soviet yaitu Uzbekistan dan Kazakhstan banyak menyimpan cerita. Laut ini sekarang menghilang dan lenyap.


Letak geografis Laut Aral

Banyak orang yang tidak tahu mengenai Laut Aral ini. Sejak tahun 1960-an, Laut Aral menyusut karena sebuah bencana sehingga perairannya menyusut sampai 80% dari volumenya. Dan kini Laut Aral telah lenyap sama sekali dan menjadi gurun yang luas dan kering serta tandus.




Foto citra satelit mengenai laju penyusutan Laut Aral pada saat-saat terakhir masih memiliki air
Setelah menyusut dan lenyap, laut ini menjadi gurun dan menampakkan banyak bangkai-bangkai kapal disana. Bangkai-bangkai kapal tersebut sebagian diantaranya tenggelam dan sisanya ditelantarkan begitu saja karena sudah tak ada air lagi.





Bangkai-bangkai kapal yang teronggok di gurun bekas Laut Aral
Bagi yang tidak mengenal latar belakang gurun ini akan terheran-heran mengapa kapal-kapal besar bisa “tersesat” di tengah gurun yang kini dikenal sebagai Gurun Aral. Fenomena alam luar biasa ini menjadi daya tarik utama di Uzbekistan dan Kazakhstan, hanya sayang masih belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah kedua negara sehingga belum dikenal luas.
Yang tampak hanyalah hewan-hewan yang berkeliaran bebas di situs luar biasa ini.

(News Scientist, National Geographic, Earth Week)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks