Thursday, June 23, 2011

Teknologi NFC Sudah Berfungsi Nokia N9

SINGAPURA, KOMPAS.com - Dalam acara Nokia Connection 2011 di Singapura, Selasa (21/6/2011), Nokia meluncurkan Nokia N9. Smartphone ini mengusung desain yang cantik, penggunaan yang mudah dengan hanya mengusap dan mengetuk serta kelebihan lainnya. Bob McDougall, Presiden Direktur Nokia Indonesia yang turut hadir dalam Nokia Connection mengungkapkan bahwa peluncuran Nokia N9 adalah salah satu wujud pilar disruptive technology.

"Nokia memiliki strategi disruptive technology. Peluncuran N9 ini sangat pas dengan strategi tersebut," kata Bob. Disruptive technology ialah salah satu pilar Nokia, selain smartphone dan "koneksi ke 1 milyar umat berikutnya".

Salah satu fitur yang membuat Nokia N9 bisa menjadi perwujudan pilar itu adalah teknologi NFC (Near Field Technology). Dengan teknologi itu, aktivitas pembayaran, akses informasi dan aplikasi hanya dengan menempelkan perangkat ponsel. Sementara smartphone lain baru gembar-gembor NFC, Nokia sudah memfungsikannya lewat Nokia N9 meski belum untuk transaksi pembayaran.

Bob mengatakan, meski teknologi ini terbilang baru, terutama bagi pasar Indonesia, namun ia yakin bahwa teknologi itu bisa terserap. Bahkan, Bob mengatakan, "Saya yakin Indonesia bisa jadi pemimpin dalam hal ini (teknologi NFC)." Bob mengungkapkan, selama ini Indonesia telah menjadi pemimpin dalam banyak hal, mulai dari aplikasi chat, jejaring sosial hingga ponsel qwerty. Jadi, menurutnya, Indonesia tak perlu menunggu untuk mulai mengadopsi teknologi ini.

Di Nokia N9, teknologi NFC salah satunya bisa digunakan untuk memainkan musik. Untuk mendengar musik dengan speaker Nokia Play 360 Derajat atau perangkat lain yang mendukung, pengguna cukup dengan menempelkan ponsel di atas speaker. Selain teknologi NFC, Nokia N9 juga dibungkus dengan bahan polikarbonat sehingga menangkap sinyal lebih bagus. Ponsel ini juga punya 3 home view dan live multitasking, meliputi notifikasi, menu utama dan open application.

Dari sisi penggunaan, N9 bisa dipakai dengan hanya mengusap dan mengetuk. Sementara, N9 juga memiliki pengembangan Nokia Browser terbaru yang lebih ringan dan bisa mengakses dengan cepat. Nokia N9 juga didukung dengan kamera 8 MP. Selain itu, terdapat peta yang ditampilkan dalam resolusi tinggi pada 3,9 AMOLED Display dan aplikasi Drive yang membantu pengemudi menemukan jalan.
Stephen Elop, Presiden dan CEO Nokia mengatakan, "Sebuah produk bagi kami harus cantik dan berguna. Anda lihat saat Nokia N9 dikenalkan hari ini, semua orang berkata "wow". Kami menciptakan produk agar ketika kita berdiri di panggung menunjukkannya, kita bangga. Dan hari ini saya bangga dengan N9."


Sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks