Thursday, October 28, 2010

Siapakah Mbah Marijan ???

Mbah Marijan... atau yang bernama asli Mas Penewu Suraksohargo. Beliau dilahirkan di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman pada tahun 1927.
Mbah Marijan memiliki beberapa anak, yaitu :
* Mbah Ajungan
* Raden Ayu Surjuna
* Raden Ayu Murjana
* Raden Mas Kumambang
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mbah_Maridjan
Menurut wikipedia, Mbah Ajungan adalah penasihat presiden Sukarno 1968-1969, kemudian menjadi wali Mangkunagara VIII tahun 1974-1987.
WoW!

Lanjuuut...


Kehidupan keseharian Mbah Marijan digambarkan dengan seorang sosok pria yang tua dan sederhana, yang terus mencoba mengabdikan hidupnya pada tugas di lereng gunung merapi...

Kehidupannya di waktu ini sering banyak disorot oleh media karena kehebatannya dalam memprediksi dan menyelamatkan warga dari merapi tahun 2006... :salut:
Namanya terus melambung dan kemudian menjadi bintang iklan sebuah minuman berenergi. Duit pun mengalir deras ke kantongnya. Namun, Mbah Marijan ini tidak menikmati uangnya sendiri, tapi dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Di daerah Kinahrejo, beliau membangun masjid serta gereja. Warga di sana pun diminta beribadah sesuai keyakinan. Selain itu, Mbah Maridjan acap kali menyalurkan beras dan sembako kepada warga yang membutuhkan.
sumber : http://www.republika.co.id/berita/br...-mbah-maridjan




Sejak tahun 1982, beliau secara resmi mendapat gelar "juru kunci merapi" dari Sultan Hamengku Buwono IX dan terus mempertaruhkan nyawa demi mengemban tugas dari sang sultan....
Sebagai juru kunci, Mbah Maridjan tak pernah mau meninggalkan Gunung Merapi. Lelaki renta berusia 83 tahun ini pernah mengatakan, "Kalau saya ikut ngungsi akan ditertawakan anak ayam." Begitulah cara sederhana beliau mengungkapkan pengabdiannya.


Mbah Mardijan adalah tipe pemimpin yang disegani karena amanah dan berani, serta taat asas. Kecintaannya kepada rakyat dan lingkungannya dijaga dengan konsistensinya tetap menjaga Merapi meski itu berbahaya.

Dalam kosmologi kekuasaan Jawa, Mbah Mardijan adalah pemimpin sejati.
Salut deh sama Mbah yang satu ini !!!




Kini ...sang Abdi Dalem Keraton telah selesai dalam mengemban tugasnya...
betapa setianya beliau... sungguh tak bisa diukur dengan apapun loyalitas Mbah Marijan...
Beliau selalu berusaha untuk tidak membuat warganya tidak panik..
Dengan mengorbankan nyawanya...
Semoga beliau diterima amal ibadahnya di sisi Tuhan YME
Amin.

Selamat jalan Mbah Marijan
Kami hormat selalu padamu, seperti enkau menghormati kami



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks