Tuesday, November 2, 2010

Seperti Inilah Rutinitas Seorang Pilot

Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan. Jika dinyatakan lulus dalam ujian, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang, yaitu suatu surat pengakuan kemampuan sang pilot untuk menerbangkan pesawat dengan tipe/ukuran tertentu.

Dalam tugasnya di dalam kokpit pesawat, pilot dibantu oleh seorang ko-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak take off hingga landing, pilot dan ko-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah terprogram melalui bantuan navigasi pesawat dan mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas bandar udara.


Nah sekarang kita akan melihat lebih dekat rutinitas seorang pilot

Kantor informasi Aeronavigation adalah tempat para pekerja bandara. Ini adalah tempat di mana semua rencana bandara, grafik penerbangan dan dokumentasi yang diperlukan disimpan.


Kantor informasi Aeronavigation menyediakan tas pilot dengan dokumen, kompilasi dan hal-hal penting lainnya. Kantor telah mendapat jadwal penerbangan perusahaan selama 24 jam spenuhnya, mereka melengkapi tas dengan kompilasi, peta dan data perhitungan untuk setiap penerbangan dan juga mengawasi ketat koreksi dan perubahan untuk dimasukkan.


Setiap tas diberikan stiker dengan tanggal penerbangan, waktu, nama pilot dan kota tujuan.


 
Persiapan awal mulai terjadi. Pilot belajar beban penerbangan (jumlah penumpang, bagasi, beban) melanjutkan dari data sebelumnya, menghitung dan menetapkan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan. Sementara itu ko-pilot menentukan rute penerbangan, koneksi frekuensi, dll


 
 
 



Jika pilot pergi ke tempat tujuan untuk pertama kalinya, persiapan dibuat sebelumnya, dua atau tiga hari sebelum penerbangan. Dalam kasus seperti ini kru mendalami kekhasan penerbangan, perbaikan dan juga kesulitan yang akan didapat.




Layar ini memberikan kru informasi tentang status dan waktu pendaratan pesawat mereka
 

Ini adalah kantor meteorologi di mana pilot mendapatkan informasi tentang cuaca dan berkonsultasi peramalan cuaca dan kemungkinan perkembangan cuaca lebih lanjut.


Ini dokter Jenis pekerjaannya memeriksa mata pilot, mengajukan beberapa pertanyaan biasa dan mengambil tekanan darah jika diperlukan.


Petugas penerbangan sedang menunggu pilotnya datang


Saat ingin terbang, puluhan jasa dan ratusan orang harus bekerja dengan lancar dan dalam kontak konstan dengan satu sama lain. Jika ada kesalahan kecil saja maka 100% penerbangan akan ditunda.

Pesawat siap. kendaraan yang mengangkut segala macam kebutuhan mulai datang (fueller, makanan, perdagangan, koper). Dan mereka semua mulai bekerja dengan cepat, akurat dan terorganisir dengan baik.










Nah sekarang pilotnya mulai bekerja, mereka mulai memeriksa sistem dan pemrograman komputer pesawat.








Sementara penumpang membuat diri mereka nyaman di kompartemen penumpang. Sedangkan pilot harus bekerja keras, pilot mendapatkan informasi terakhir tentang cuaca, tentukan landasan untuk take off dan melakukan briefing singkat di penerbangan mendatang. Setiap situasi mungkin (kebakaran, kegagalan mesin atau kecelakaan lainnya) dianalisis secara mendalam.


Lalu lintas bandara sangat padat, butuh satu jam untuk mengisi bahan bakar pesawat, membersihkan kompartemen, mengambil penumpang dan lepas landas.


Menunggu instruksi dari menara pengawas untuk take-off


Pesawat mulai memasuki jalur pacu


Bye-bye terbang dulu


Pemandangan di atas


Pemandangan dari kokpit pesawat


Pesawat sudah landing di bandara tujuan


Lalu lintas bandar udara sangat sibuk, butuh waktu lama.


Penerbangan berakhir. Pesawat akan dimasukkan ke hanggar


Itu adalah bagaimana pilot bekerja, di pagi hari, siang hari, dan bahkan di malam hari, hanya ada sedikit hari libur, Minggu dan Sabtu, hanya beberapa hari libur. Tidak ada yang bisa dilakukan, karena orang-orang memerlukan mereka untuk terbang




Sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks