Saturday, February 27, 2010

Mengapa Banyak yang Memilih Bekerja Dari pada jadi Pengusaha ? ? ?

Disini penulis pengen coba menelaah dan menyadarkan
mengapa banyak rakyat Indonesia yg memilih bekerja ketimbang jadi pengusaha.

Bagaimana pola hidup rakyat Indonesia pada umumnya? yang ane liat sih begini

SD-SMP-SMA-Kuliah-Kerja-Nikah...

Ane juga bingung,banyak orang yg mampu kuliah di PTN dan PTS ternama dengan biaya puluhan juta rupiah,tapi saat lulus kerjaanya hanya beli koran buat buka rubrik lowongan kerja,atau buka www.J*bsDB.com. Padahal kalo uang kuliah nya dipake buat buka usaha,mungkin usahanya udah maju pesat...



Mari kita kupas beberapa alasan umumnynya :


1. Tidak tau Usaha apa Yang Harus Dibuka
Spoiler for Tanggapan No.1:
1. Tidak tau usaha apa yang harus dibuka
Caranya gini, jalan2 keluar,tulis 50 usaha yg ada di sekitar ente ke kertas( yg masuk dengan modal ente aja),gulung2 terus dikocok.
Nah,apa yg keluar itulah usaha ente yg cocok.

Pilihlah jenis usaha yg GAK ADA KAITANNYA dengan keahlian ente.contoh ente anak IT,jangan buka usaha komputer,buka yg laen.
alesannya kalau ente buka usaha yg bidangnya anda sukai,anda akan cenderung stuck dan tidak membuka mata ke peluang dan wawasan ke bidang yg lain.

2. Tidak Punya Modal
Spoiler for Tanggapan No.2:
2. Tidak Punya modal
ini adalah alasan klasik sejuta umat yg paling sering menghalangi seseorang buat jadi pengusaha.Jumlah modal ini juga sebenarnya terkait dengan usaha apa yg mau dibuka.

Ane punya cerita dikit nih,ada temen ane namanya marwan, yg pengen punya usaha jualan kios martabak pakai stand kaca gitu,rencanya pingin jualan di pinggir2 indomaret or alfamart gitu.saya bilang "bagus itu,mulai saja besok kita sewa tempat dan bikin gerobaknya",analisis usaha dan proyeksi untung nya juga udah mantep,ditargetkan profit 2,3juta/bulan.dia perlu modal kira2 10jt.lalu dia bengong,sambil mikir "10 juta ane dapat dari mana mas?duit di dompet aja cuma goceng?"Karena alesan2 itulah dia selalu menunda2 niat nya sampe hari ini.

Suatu hari ada kabar buruk menimpa keluarganya,ibunya sakit keras dan butuh biaya 12.5jt untuk keperluan operasi,kalau tidak nyawanya dikawatirkan tidak selamat.Kalang kabut,tentu saja dia pusing setengah mati,mana ayahnya pun cuma PNS golongan IIA.Namun ane lihat usahanya keras,jauh lebih keras dari pada keinginannya untuk buka usaha martabak tadi.Gak nyangka,dalam waktu 8 hari,dia berhasil ngumpulin duit 14 juta,hasil dari jual motor,jual hape,jual cincin mas kimpoi,pinjem tetangga, ngutang sama temen2nya, bapaknya minjem ke koperasi tmpat dia kerja.dan gak pernah terpikirkan bagaimana cara melunasi hutangnya nanti.

Well akhirnnya ibunya selamat dan baik2 saja dan saat ini hutangnya udah lunas tuh.

Inti dari cerita ane adalah : percayalah,usaha ente untuk mengumpulkan modal saat ini MASIH JAUH DARI MAKSIMAL.

3. Tidak Punya Bakat Usaha
Spoiler for Tanggapan No.3:
3. Tidak punya bakat usaha
"Ane kan bukan orang cina,jadi susah kalo mau buka usaha." ---->hehehe,,alesan klasik..

" Ah bapak ane gak ada bakat usaha,jadi ane juga gak kan bisa"---->Nyalahin kok nyalahin bapak mu,kalo ente gak jadi pengusaha ntar anak ente juga bakal bilang gitu ke ente..

" Ah,bapak ane juga pengusaha,tapi kok gak kaya2?"--->Kesuksesan pengusaha bukan dari kaya ato miskin bung, tapi dari seberapa banyak orang yang bisa kamu hidupi dari usaha kamu.kalo gak mau kaya bapak mu ya jangan ikuti caranya lah.

ya paradigma kayak gini lah yg ikut serta menghalangi niatan anda,KESUKSESAN itu gak SARA bung,gak pilih2 kok asal mau usaha.

4. Terlalu banyak berpikir dan ber andai2 tanpa ada Tindakan
Spoiler for Tanggapan No.4:
4. Terlalu banyak berpikir dan ber andai tanpa ada Tindakan
Penyakit paling parah nih..."Nanti kalo ane usaha,terus bangkrut gimana donk?kan ane jadi rugi donk?istri ane tar makan apa donk?"
Coba ane balik pertanyaan nya :"Nanti kalo ane sukses dan kaya gimana donk?kan ane pusing duitnya simpen dimana?ane tar cape gonta ganti mobil tiap hari?"

Ya itulah orang Indonesia,sifat dasarnya memang PESIMIS,di coba aja belom, tapi berandai2 nya udah yang jelek2 duluan.

5.(Ente boleh tambain,tar ane coba jawab dan di pajang disini,apa saja....)
Spoiler for Nice Reply 1:

Quote:
Originally Posted by kakus.us View Post
dimana2 jd pengusaha itu di gembargemborin gan
di kampus ane apalagi,
tp dgn semua penjelasan yg mereka kasih ttg pengusaha
mereka ngejelasin yg indah2nya aja

banyak temen ane yg udh mulai usaha,
mereka banyak yg pintar, secara teori marketingnya jago (banyak yg juara2 nasional di kompetisi), networking kuat dll.
tp pas jalanin usaha malah gak maju2

yg perlu ditekanin, faktor luck di sini sangat dominan

tp klo udh jd pengusaha mapan emang mantab gan
Ada yang salah dengan teman2 agan yang PINTAR2 itu,bilang sama mereka modal Usaha itu bukan TEORI,tapi pengalaman dari terjun langsung.mereka cenderung menggunakan otak kiri gan yang notabene isinya logika semua dan dipastikan hampir gak dipake dalam dunia usaha. Ane jamin..

Ya ente bener,tapi Faktor LUCK tidak akan datang kalau gak kita samperin.mana ada LUCK yang dateng sama orang yang bisanya habis lulus,ngirim surat lamaran ke puluhan perusahaan dan menunggu nasib nya sambil berdiam diri dikamar.

Pernah berpikir,kenapa orang tua cuma pegawai biasa?kenapa orang tua kita kita gak punya perusahaan saja ya untuk kita teruskan seperti anak2 orang kaya kebanyakan saat ini?Kita bukan anak2 pengusaha terkenal dan pejabat2 gan, mereka memang beruntung karena,gak perlu susah payah berjuang dari 0.

Saya memilih berusaha dan bertindak sekarang,karena saya gak mau ANAK2 saya nanti juga menjadi para pencari kerja yang luntang lantung ditolak sana sini....Anak2 ane harus hidup mudah,dan tinggal meneruskan perusahaan yg sudah ane bangun dari saat ini.


Spoiler for Nice Reply 2:

Quote:
Originally Posted by N16HT View Post
yup, betul Gan !!!!
ane setuju banget sama TS !!!!

tapi gan, kalo semuanya jadi pengusaha, yang mau jadi karyawannya siapa ????
kalau menurut ane, jadi pengusaha atau jadi karyawan, yang penitng halal..
tapi yang jadi karyawan juga, gan bukan berarti mereka gak mau jadi pengusaha.

banyak diantara mereka yang sekarang jadi karyawan, ujung-ujungnya lari jadi pengusaha...itung-itung ngumpulin modal ma nyari pengalaman dulu. gak ada salahnya kan ???

tapi satu yang mau ane garis bawahi gan !!!

ketika agan TS nulis, "Padahal akalau uang kuliahnya dipakai buat usaha, mungkin bisa maju pesat".

seolah-olah TS mengatakan bahwa lebih baik duitnya dipakai buat buka usaha daripada buat kuliah. nggak seperti itu juga, Gan !!! namanya kuliah itu kita nyari ilmu, dan insyaAllah yang namanya ilmu itu pasti dipakai walau dalam aplikasi yang berbeda sekalipun. Setelah lulus kuliah, dengan ilmu yang didapat, terus buka usaha, bukankah bisa jadi lebih baik (inget ya, bisa jadi alias gak selalu !!!).


thanks for share !!!!

Nice share,ente bikin ane yg tdnya OL di hape sampe harus nyalain kompie lg nih

Sapa yang jadi pengusaha?
ente liat Malaysia , Arab dan Singapore?Mereka adalah negara dengan jumlah pengusaha diatas 7% dari total populasinya. Sehingga untuk mencari karyawan dan pegawai, mereka sampe harus mengimingi2 gaji yang sangat tinggi sekali.
Itulah mengapa disana para mandor bangunan pun bisa pada bawa mobil gan.
Sampe2 disana kagak ada yg mau jadi pembokat gan,akhirnya mereka ngincer kita deh Rakyat Indonesia yg rata2 tingkat pendidikannya rendah untuk dijadikan pembantu di sana.
Nah itlah asal mula yg namanya TKW.

Nah ini juga alasan mengapa UMR di negara kita rendah,perusahaan juga gak bodoh,mereka tau tingkat kebutuhan akan pekerjaan di negara kita ini tinggi sekali.Makanya mereka memasang gaji yang sangat rendah,karena tau walaupun gajinya rendah, rakyat kita bakal berebutan.

buat yg soal kuliah tadi, itu jawabannya udah ente tulis sendiri kan,bahwa menuntut ilmu itu tidak harus dari bangku pendidikan formal kan?terlebih lagi harga2 untuk menebus ilmu di Indonesia ini sudah mencapai harga yg tidak masuk akal.

Sekali lagi TS meminta maaf,ane ga pernah judge kalau jalan yg satu lebih baik dari jalan yg lain.dua2nya adalah pekerjaan HALAL.
Sekali lg maaf buat yg kurang berkenaan.



KELEBIHAN jadi KARYAWAN DAN PENGUSAHA.

1.PEKERJA/PEGAWAI = PENUH KEPASTIAN
Spoiler for Maksudnya?:
1.Pasti Disuruh2.
2.Pasti kena Deadline.
2.Pasti Digaji Diakhir Bulan.
3.Pasti bangun jam 6 Pagi, Pulang jam 5, bahkan bisa lebih parah lagi.
4.Pasti termasuk orang yg bikin macet pada jam 7 pagi dan jam 5 sore.
5.Pasti Dimarahi atasan kalau salah.
6.Pasti kena SP1,SP2 dan PHK kalau Macem2.
7.Pasti Gajinya gak naek2,biarpun sudah mengorbankan 80% waktu hidupnya untuk kemajuan perusahaanya.


2. PENGUSAHA/WIRASWASTA = Penuh Ketidakpastian
Spoiler for maksudnya?:
1.Kadang2 Nyuruh orang,kadang kerjain sendiri(itu juga kalo gak males)
2.Kadang2 pendapatannya kecil,kadang juga bisa 10x gaji PNS.tergantung usaha.
3.Kadang2 gue gajian tanggal 1,10,20 30,,ya gmana gw aja,duit2 gue sendiri.
4.Kadang2 bangun jam 10,jam 1 siang,jam 7 malem ya teserah gue,orang usaha2 gue,mau tutup juga boleh kan?
5.Kadang2 suka marahin pegawai..hehehe
Saya gak pernah mengajar kan bahwa pengusaha itu lebih enak dan bagus dari pegawai atau karyawan,bukan itu maksudnya,disini saya cuma pingin nawarin sesuatu jalan hidup yang baru dan minoritas di negri kita ini.Dua2nya adalah pekerjaan mulia kok.hanya saja yang mampu memberi lapangan pekerjaan kepada sesamanya itu lebih mulia.

Mudah2an termasuk sharing yang berguna




Sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks