Sunday, March 21, 2010

Mengenal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P.Pongok, P. Mendanau dan P.Selat Nasik, total p ulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antaretnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001. Setelah dilantiknya Pj.Gubernur yakni H.Amur Muchasim, SH (mantan Sekjen Depdagri) yang menandai dimulainya aktivitas roda pemerintahan provinsi.

Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pu lau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan, namun menjadi provinsi sendiri bersama Banten dan Gorontalo pada tahun 2000. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 November 2000 yang terdiri dari Kabupaten Bangka, Kabup aten Belitung dan Kota Pangkalpinang. Pada tahun 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003 dilakukan pemekaran wilayah dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur. Propinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatra Selatan.


Peta lokasi Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat 1º50' - 3º10' LS dan 105º - 108º BT
Dasar hukum Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000
Tanggal penting 21 November 2000 (hari jadi)
Ibu kota Pangkalpinang
Gubernur Ir.H.Eko Maulana Ali,M.Sc.
Luas 18.725,14 km²

* Daratan: 16.423,14 km² (21,01%)
* Perairan: 65.301 km² (79,99%)
* Panjang pantai: 1.200 km

Penduduk 1.106.657 Jiwa (BPS Babel 2007)
Kepadatan 67 jiwa/km²
Kabupaten 6
Kota 1
Kecamatan 36
Kelurahan/Desa 326
Suku Melayu (72%), Tionghoa (12%), Jawa (6%), Bugis (3%), Madura (1%)
Agama Islam (81,83%) Buddha (8,71%) Kong Hu Cu (5,11%) Protestan (2,44%) Katolik (1.79%), Hindu (0,13%)
Bahasa Bahasa Melayu Bangka,Bahasa Melayu Belitung,Bahasa Tionghoa,Bahasa Indonesia
Zona waktu WIB


Tempat-Tempat Wisata di Bangka Belitung

1. Obyek Wisata Pantai



Pantai Teluk Uber Sungailiat Bangka

Pantai Teluk Uber yang terletak lebih kurang 17 km dari Kota Sungailiat dan memiliki luas 25 Ha, berbentuk teluk yang dibatasi oleh gugusan batu-batuan di sebelah kanan dan kiri. Bebatuan ini mengapit lebih kurang 300 m pasir putih yang empuk dengan riak gelombang yang lembut.


Pantai Pasir Padi Pangkal Pinang Bangka

Pantai Pasir Padi berjarak 7 Km dari Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Pasir Padi ini merupakan satu-satunya kawasan wisata paling ramai yang dikunjungi masyarakat kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi juga merupakan pantai yang paling sering ku kunjungi, karena jaraknya yang dekat dengan tempat tinggalku. Hampir tiap Hari Minggu selalu mengunjungi pantai ini.

Pantai Tanjung Pesona Sungailiat Bangka

Pantai ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat. Pantai ini berada ditengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, diatas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang tiga.Pantai Tanjung Pesona .


Pantai Parai Tenggiri Sungailiat Bangka

Pada awalnya, masyarakat sungailiat menyebut pantai ini sebagai pantai Hakok, kemudian sebagai pantai Tenggiri. Pantai Parai merupakan pantai paling indah di deretan pantai timur Pulau Bangka. Sejak dulu ketika masih disebut Hakok, pantai ini merupakan kawasan yang paling digemari untuk dikunjunggi oleh masyarakat setempat. Bebatuan yang banyak terdapat di pantai ini, bagaikan sebuah dekorasi alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki sebauh resort dengan hotel bintang 4 yakni parai beach resort. Merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata pantai bertarap internasional yang patut dibanggakan dipulau bangka. Hampir semua fasilitas tersedia, mulai dari akomodasi, restauran, bar and grill, café, kolam renang, bahkan sport and leisure.



Pantai Tanjung Pendam Tanjung Pandan Belitung

Pantai Tanjung Pendam berada di pusat kota Tanjungpandan. Menjelang senja kita dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan saat matahari kembali keperaduannya, dimana terlihat sinarnya yang beraneka ragam. dibagian depan pantai ini terdapat pulau Kalamoa. Pantai ini sudah dikemas oleh PEMDA setempat sedemikian rupa sehingga menjadi taman tepi pantai yang nyaman bagi warga kota. Bagi pengunjung dari kota Tanjungpandan, maupun pengunjung dari luar pulau Belitung, tidak ada pantai terdekat yang seindah, karena pantai Tanjung Pendam menyajikan panorama yang spektakuler dengan sunset-nya. Panorama paling indah terjadi ketika sang surya turun berlahan ke dalam laut, dengan latar depan sebuah kapal keruk yang terus beroperasi, tanpa terdengar suara, kecuali hingar bingar musik dari kios di ujung kiri pantai ini. Ditambah lagi dengan adanya bangkai perahu kandas dilaut, dengan latar depan pohon-pohon cemara, semua ini memperindah panorama.

Pantai Tanjung Kelayang Tanjung Pandan Belitung

Pantai Tanjung Kelayang yang terletak lebih kurang 27 Km dari kota Tanjung Pandan, merupakan panorama wisata yang eksotis. Dengan pasir putih yang halus bagaikan tepung, pantai ini membentuk teluk hamparan bebatuan granit di ujung barat sehingga membuat panorama sangat menarik. Di pinggir pantai yang jernih ini terdapat tonggak-tonggak tempat nelayan menambatkan perahu-perahu mereka sebelum melaut.


Pantai Tikus Sungailiat Bangka

Pantai tikus terletak di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat. Pantai ini masih alami, cukup menarik untuk dikunjungi. Bentuk pantainya yang cekung, berpasir putih nan halus, yang sangat memikat wisatawan untuk datang berkunjung lagi.


Pantai Penyusuk Belinyu Bangka

Pantai ini terletak di semenanjung yang sangat indah, yaitu Tanjung Penyusuk, yang terletak paling ujung utara Pulau Bangka. Dihiasi dengan tebaran batu-batuan alam berukuran besar dan kecil, Pantai Penyusuk sangat indah. Laut yang biru dan tenang dengan riak gelombang kecil yang menerpa ke arah laut, tampak empat buah pulau kecil yang melindungi pantai ini dari gelombang, sehingga pantai ini begitu tenang.
Salah satu pulau itu, Pulau Lampu, berfungsi sebagai mercusuar. Di antara pulau-pulau dan pantai, terdapat palung dengan kedalaman air yang ditumbuhi oleh taman laut berupa tebaran terumbu karang berwarna-warni. Di situ terdapat ribuan jenis ikan hias dan ikan karang yang hidup dengan bebas.


Pantai Batu Bedaun Tanjung Beriga Bangka

Terletak dikampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Sungai liat. Pantai ini cukup unik, bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri, dan mempunyai ciri khas adanya pohon yang tumbuh diatas batu.


Menara Suar Tanjung Kalian Mentok Bangka


Mercusuar yang berdiri tegar dan kokoh di Tanjung Kalian adalah sebuah sarana penyelamat lalu lintas kapal yang di bangun oleh Belanda pada tahun 1862. Mercusuar ini memiliki ketinggian lebih kurang 65 m dan terdiri dari 16 pantai. Dari puncak menara, keindahan se keliling dapat terlihat. Ke arah barat, tampak Pantai Tanjung Kalian dengan pasir yang putih sepanjang lebih kurang 5 km. Ke sebelah timur, tampak pelabuhan tua kota Muntok. Di waktu malam, sinar lampu mercusuar ini dapat terlihat dengan jelas dengan radius 5 km dari arah laut, sebagai markas jalur kapal-kapal yang melintas.

2. Obyek Wisata Sejarah


Museum Timah Indonesia

Museum Timah Indonesia terletak dijalan Janderal Ahmad Yani no. 17, ada di Indonesia. Sebelum menjadi museum rumah ini merupakan rumah tempat tinggal karyawan perusahaan BTW ( Banka Tin Winning). Museum ini menjadi tempat perundingan pemimpin-pemimpin Republik dengan Belanda dan UNCI sebelum perundingan Roem-Royen. Sekarang rumah ini menjadi Museum Timah Indonesia Indonesia (2 Agustus 1997) dan disini akan diketahui bagaimana perkembangan sejarah pertimahan di Indonesia.



Wisma Menumbing

Terletak di Kota Mentok, salah satu tempat yang menjadi rumah pengasingan Ir. Soekarno (Presiden RI Pertama) dalam perjuangan perintis kemerdekaan pada masa penjajahan Belanda. Rumah ini terletak di pupuncak Gunung Menumbing dengan panorama yang indah dan cuaca yang sejuk.


2 comments:

Unknown said...

Kayaknya uda pantas untuk di jadikan Bali kedua, sebagai rujukan tempat wisata alternatif selain Bali di Indonesia

Unknown said...

@Rogo Sejati : Bener Ndan.....malah sekarang sudah di canangkan VISIT BANGKA BELITUNG ARCHIPELAGO 2010, sepertinya impian masyarakat Babel untuk menjadi Bali kedua akan terwujud.
liat aja foto2 diatas yang udah aku edit dan aku tambahi keterangannya......
Salam sukses....

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks