Tuesday, March 9, 2010

Mengenal Batik Lebih Dalam

Quote:
BATIK




Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik"

JENIS BATIK :
  1. batik
    tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

  2. batik cap
    adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.


Quote:
CARA PEMBUATAN BATIK



1.NGANJI
Spoiler for :
Sebelum dicap, biasanya mori (Mori adalah bahan baku batik dari katun. Kwalitet mori bermacam-macam, dan jenisnya sangat menentukan baik buruknya kain batik yang dihasilkan. Karena kebutuhan mori dari macam-macam kain tidak sama) dicuci terlebih dahulu dengan air hingga kanji aslinya hilang dan bersih, kemudian di kanji lagi. Motif batik harus dilapisi dengan kanji dengan ketebalan tertentu, jika terlalu tebal nantinya malam kurang baik melekatnya dan jika terlalu tipis maka akibatnya malam akan “mblobor” yang nantinya akan sulit dihilangkan.
Mori dengan kualitas tertinggi [Primisima] tidak perlu dikanji lagi, karena ketebalan kanjinya sudah memenuhi syarat.

2.NGEMPLONG
Spoiler for :
Biasanya hanya mori yang halus yang perlu dikemplong terlebih dahulu sebelum dibatik. Mori biru untuk batik cap biasanya bisa langsung dikerjakan tanpa dilakukan pekerjaan persiapan.
Tujuan dari ngemplong ialah agar mori menjadi licin dan lemas. Untuk maksud ini mori ditaruh diatas sebilah kayu dan dipukul-pukul secara teratur oleh pemukul kayu pula.
Mori yang dikemplong akan lebih mudah dibatik sehingga hasilnya lebih baik.

3.NGLOWONG, Pelekatan malam [lilin] yang pertama.
Spoiler for Nglowong:


Proses Nglowong dengan cap



Proses Nglowong dengan canting

Selesai dikemplong mori sudah siap untuk dikerjakan. Teknik pembikinan batik terdiri dari pekerjaan utama, dimulai dari pekerjaan utama, dimulai dengan nglowong ialah mengecap atau membatik motif-motifnya diatas mori dengan menggunakan canting
Nglowong pada sebelah kain disebut juga ngengreng dan setelah selesai dilanjutkan dengan nerusi pada sebelah lainnya

4.NEMBOK, pelekatan malam kedua
Spoiler for :
Sebelum dicelup kedalam zat pewarna, bagian yang dikehendaki tetap berwarna putih harus ditutup dengan malam. Lapisan malam ini ibaratnya tembok untuk menahan zat perwarna agar jangan merembes kebagian yang tertutup malam.
Oleh karena itu pekerjaan ini disebut menembok, jika ada perembesan karena tembokannya kurang kuat maka bagian yang seharusnya putih akan tampak jalur2 berwarna yang akan mengurangi keindahan batik tersebut. Itulah sebabnya malam temboknya harus kuat dan ulet, lain dengan malam klowong yang justru tidak boleh terlalu ulet agar mudah dikerok.

5.MEDEL, Pencelupan pertama dalam zat warna
Tujuan Medel adalah memberi warna biru tua sebagai warna dasar kain. Jaman dulu pekerjaan ini memakan waktu berhari-hari karena menggunakan bahan pewarna indigo [bahasa jawanya : tom]
Zat pewarna ini sangat lambat menyerap dalam kain mori sehingga harus dilakukan berulang kali, kini dengan bahan warna modern bisa dilakukan dengan cepat.

6.NGEROK, Menghilangkan malam klowong
Bagian yang akan di soga agar berwarna coklat, dikerok dengan Cawuk [semacam pisau tumpul dibuat dari seng] untuk menghilangkan malam nya.

7.MBIRONI, Penggunaan malam ke tiga
Spoiler for :
Pekerjaan berikutnya adalam mBironi, yang terdiri dari penutupan dengan malam bagian-bagian kain yang tetap diharapkan berwarna biru, sedangkan bagian yang akan di soga tetap terbuka. Pekerjaan mBironi ini dikerjakan didua sisi kain.


8.MENYOGA, Pencelupan kedua

Spoiler for :
Menyoga merupakan proses yang banyak memakan waktu, karena mencelup kedalam soga. Jika menggunakan soga alam, tidak cukup hanya satu dua kali saja, harus berulang.
Tiap kali pencelupan harus dikeringkan diudara terbuka. Dengan menggunakan soga sintetis maka proses ini bisa diperpendek hanya setengah jam saja. Istilah menyoga diambil dari kata pohon tertentu yang kulit pohonnya menghasilkan warna soga [coklat] bila direndam di air.

9.NGLOROD, Menghilangkan malam
Spoiler for :
Setelah mendapat warna yang dikehendaki, maka kain harus mengalami proses pengerjaan lagi yaitu malam yang masih ketinggalan di mori harus dihilangkan, caranya dengan dimasukkan kedalam air mendidih yang disebut Nglorod.
MOTIF-MOTIF BATIK
Quote:


Quote:
BATIK CUWIRI
Spoiler for :
Filosofi: Cuwiri artinya kecil-kecil, Diharapkan pemakainya terlihat pantas dan dihormati

Quote:
BATIK SIDO MUKTI
Spoiler for :
Filosofi: Diharapkan selalu dalam kecukupan dan kebahagiaan.
Quote:
BATIK KAWUNG
Spoiler for :
Filosofi: Biasa dipakai raja dan keluarganya sebagai lambang keperkasaan dan keadilan
Quote:
BATIK PAMILUTO
Spoiler for :
Filosofi: Pamiluto berasal dari kata “pulut”, berarti perekat, dalam bahasa Jawa bisa artinya kepilut [tertarik].

Quote:
Quote:
BATIK PARANG KUSUMO
Spoiler for :
Filosofi: Kusumo artinya bunga yang mekar, diharapkan pemakainya terlihat indah
Quote:
BATIK CEPLOK KASATRIAN
Spoiler for :
Filosofi: Dipakai golongan menengah kebawah, agar terlihat gagah
Quote:
BATIK NITIK KARAWITAN
Spoiler for :
Filosofi: Pemakainya orang yang bijaksana
Quote:
BATIK TRUNTUM
Spoiler for :
Filosofi: Truntum artinya menuntun, diharapkan orang tua bisa menuntun calon pengantin.
Quote:
BATIK CIPTONING
Spoiler for :
Filosofi: Diharapkan pemakainya menjadi orang bijak, mampu memberi petunjuk jalan yang benar
Quote:
BATIK TAMBAL
Spoiler for :
Filosofi: Ada kepercayaan bila orang sakit menggunakan kain ini sebagai selimut, sakitnya cepat sembuh, karena tambal artinya menambah semangat baru
Quote:
BATIK SLOBOG
Spoiler for :
Filosofi: Slobog bisa juga “lobok” atau longgar, kain ini biasa dipakai untuk melayat agar yang meninggal tidak mengalami kesulitan menghadap yang kuasa
Quote:
BATIK PARANG RUSAK BARONG
Spoiler for :
Filosofi: Parang menggambarkan senjata, kekuasaan.Ksatria yang menggunakan batik ini bisa berlipat kekuatannya.
Quote:
BATIK UDAN LIRIS
Spoiler for :
Filosofi: Artinya udan gerimis, lambang kesuburan
Quote:
Motif batik Lampung
Spoiler for :
Motif kembang waluh
Spoiler for :
Sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks