Monday, April 26, 2010

Pendiri dan Sejarah Wikipedia

Quote:

WIKIPEDIA
Quote:
Spoiler for pendiri:


Pendiri Wikipedia


Jimmy Wales


Quote:
Spoiler for pendiri:


Pendiri Wikipedia


Lawrence Mark Sanger



Profil Jimmy Wales

Quote:
Jimmy Donal "Jimbo" Wales (lahir di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, 7 Agustus 1966; umur 43 tahun) adalah pendiri dan anggota dari Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.

Kehidupan pribadi

Wales dilahirkan di Huntsville, Alabama. Ayahnya adalah manajer toko kelontong, sementara ibunya, (Doris) dan neneknya (Erma) mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa "sekolah tradisional dengan satu ruang kelas tempat Wales bersekolah. Karena jumlah murid yang sekelas dengannya selalu hanya empat anak, pihak sekolah menyatukan murid-murid kelas satu hingga kelas empat, dan kelas lima hingga kelas delapan.

Suatu artikel pada majalah Time di tahun 2005 keliru menyebutkan bahwa Wales dididik di rumah. Sesungguhnya tidak demikian, tetapi ia memang mengatakan bahwa pengalamannya semasa sekolah "agak serupa dengan itu, karena ibu dan neneknya adalah guru-guru utama di sekloah itu. Semboyan pendidikan sekolah itu sangat dipengaruhi oleh metode Montessori, dan murid-muridnya cukup bebas memilih pelajaran yang mereka gemari. Wales mengatakan bahwa pada masa ini, ia menghabiskan berjam-jam membaca World Book Encyclopedia.

Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School, suatu sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi, yang merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lainnya untuk digunakan oleh para siswa. Wales mengatakan bahwa biaya bersekolah di sana terlalu mahal untuk keluarganya, tetapi pendidikan dianggap penting. "Keluarga saya selalu mementingkan pendidikan … suatu pendekatan yang sangat tradisional terhadap pendidikan sebagai landasan kehidupan yang baik. Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari universias Auburn dan melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan pada universitas Alabama dan memperoleh gelar master dalam bidang keuangan. Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pasca-sarjana, ia mengajar di kedua universitas itu, tetapi ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D.

Profil Lawrence Mark Sanger


Quote:
Sanger lahir di Bellevue, Washington pada 16 Juli 1968, dan dibesarkan di Anchorage, Alaska.

Sanger menamatkan pendidikan sarjananya di bidang filsafat dari Reed College pada tahun 1991 dan menyelesaikan gelar Ph.D di Bidang Filsafat dari Ohio State University pada tahun 2000 dengan judul tesis "Metode-metode Descartes dan latar belakang teori mereka" dan tesis doktornya mengenai "Epistemic Circularity: An Essay on the Problem of Meta-Justification".

Sejak tahun 1998 hingga tahun 2000 ia mengoperasikan situs web yang berjudul, "Ulasan Laporan Berita tentang Y2K oleh Sanger" (sebelumnya dimuat di www.sangersreview.com) yang berfungsi sebagai salah satu nara sumber bagi para pemerhati Y2K.

Sanger bekerja pada Bomis dan mempromosikan baik nupedia dan wikipedia hingga Bomis berhenti mendanai posisinya pada bulan Februari 2002, dan ia mengundurkan diri dari Wikipedia.

Setelah Wikipedia hingga bulan Juni 2005, Sanger kembali ke dunia akademis dimana ia mengajar filsafat di Ohio State University. Sebagai praktisi profesional ia tertarik akan epistemologi (khususnya), filsafat modern, dan etika. Pada waktu luangnya ia mengajar dan memainkan instrumen musik tradisional Irlandia fiddle di Columbus dan Dayton, Ohio. Ia juga ikut memelihara sebuah situs tentang tradisi fiddle Donegal.

Sejarah Wikipedia


Quote:
Larry Sanger mengajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan piranti lunak wiki pada 10 Januari 2001, dan Wales berusaha untuk mewujudkannya, dan meluncurkannya pada 15 Januari 2001.ketika itu, Wikipedia adalah situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh khalayak ramai untuk diperiksa oleh para ahli dan kemudian dimasukkan ke Nupedia, tetapi perkembangan Wikipedia yang begitu cepat menjadikannya sebagai proyek yang lebih berkembang dan Nupedia menjadi terbengkalai. Sanger mengundurkan diri dari proyek ini pada 2002.
Jimmy Wales di jembatan Holbeinsteg, Frankfurt, Jerman, ketika jeda singkat pada pembuatan film dokumenter tentang Wikipedia oleh arte, stasiun televisi Prancis-Jerman

Pada pertengahan 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung Wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya. Ia menunjuk dirinya sendiri dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan Wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang; dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih.

Menurut Daniel H. Pink dari majalah Wired, hingga 2004 Wales telah menghabiskan lebih kurang US$500.000 untuk mendirikan dan mengoperasikan proyek-proyek Wiki-nya, hampir seluruhnya berasal dari sakunya sendiri. Pada akhir pengumpulan dana pada Februari 2005, Yayasan Wikimedia telah didukung sepenuhnya oleh sumbangan dan hadiah. Wales menjadi semakin terlibat dengan mempromosikan dan berbicara mengenai proyek-proyek Wikimedia, dan untuk melakukannya, ia mengunjungi konferensi-konferensi dan pertemuan-pertemuan, seperti "Wikimeets" dan Wikimania.

Wales seringkali menjelaskan tujuan-tujuannya akan Wikipedia. Dalam wawancara dengan situs web Slashdot, Ia mengatakan, "Bayangkanlah suatu dunia yang setiap orangnya bisa memperoleh akses gratis ke seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Itulah yang kami kerjakan.

Pada akhir 2005, Wales dikritik karena menyunting biografinya sendiri dengan cara yang disebut oleh beberapa orang sebagai "sejarah revisionis. Secara khusus, Rogers Cadenhead menarik perhatian orang kepada file log yang menunjukkan bahwa Mr. Wales telah menghapus rujukan tentang Sanger sebagai co-founder Wikipedia. Ia juga diketahui telah mengubah rujukan Bomis dengan cara yang disebut sebagai mengurangi unsur seksualitas dari beberapa produk perusahaannya yang terdahulu.

Pada kedua kasus itu, Wales berpendapat bahwa pengubahan yang dilakukannya semata-mata untuk membuat isinya menjadi lebih akurat. Wales menjelaskan bahwa Sanger adalah pegawainya, dan ia selalu menganggap dirinya sebagai satu-satunya pendiri Wikipedia. Pada 2006, Wales mengatakan kepada surat kabar Boston Globe bahwa "tak masuk akal" untuk menyebut Sanger sebagai co-founder. Namun, Sanger menolak hal ini dengan keras. Ia sudah dikenal sebagai co-founder Wikipedia setidak-tidaknya semenjak September 2001 dan menyebut dirinya sendiri demikian setidak-tidaknya semenjak Januari 2002

Setelah peristiwa itu, Wales meminta maaf karena telah mengubah artikel tentang biografinya sendiri (tindakan yang kurang disukai di Wikipedia). Wales mengatakan pada wawancara di majalah Wired, "Seharusnya tidak dilakukan, saya sendiri pun seharusnya tidak. Saya menyesal telah melakukannya.Namun, ia tetap bersikeras bahwa ia adalah satu-satunya pendiri Wikipedia.
Quote:
Spoiler for foto-foto:



Server Wikipedia di Tampa



Jimmy Wales (pertama dari kiri) di acara Open Source, Open Access, pada konferensi Owning the Future yang diadakan di New Delhi, India, 24 Augustus 2006


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 

© Bluberry Template Copyright by Blognya Gado-Gado

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks